Pengertian Mainboard Dan Kegunaannya

Mainboard adalah papan utama di suatu komponen-komponen komputer, dimana di mainboard terdapat chip controller yang berguna untuk mengatur lalu lintas system mainboard.

Mainboard sering juga disebut sebagai perangkat keras atau hardware pada komputer yang berupa papan. Dimana mainboard ini sangat penting dan utama bagi komputer karena menjadi perangkat utama dan yang sangat penting karena berisikan system BIOS (Basic Input Outpout System), dan di mainboard terdapat juga socket untuk processor dan slot-slot yang di gunakan untuk, seperti memasang VGA Card,Internet modem dan lain-lain.

Semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula produsen-produsen yang membuat mainboard untuk di pasarkan. Kini ada beberapa jenis mainboard salah satunya yang terkenal adalah, Gigabyte, Asus, Aopen, Abit, Pc ship, Ecs, Biostar dan Jetway.

Pada sistem komputer, perangkat-perangkat akan otomatis terkoneksi di dalam mainboard, dan dapat meneruskan perintah melalui jalur papan board nya, seluruh komponen yang terkoneksi akan menjadi  suatu sistem yang utuh.

Sementara itu Fungsi Mainboard adalah untuk menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan dalam komputer.

(*) Berikut Perangkat - Perangkat Mainborad : 


1#. CPU

CPU adalah “Central Processing Unit” pada umum nya CPU sangat lah penting bagi komputer, CPU ini biasanya di letakan disini atau dipasang di CPU socket.

2#. RAM

RAM yaitu “Random Access Memory” kegunaan dari RAM ini adalah menyimpan data , agar komputer tidak lagi mengakses harddisk untuk mencari data, kapasitas RAM yang besar mampu mempercepat komputer dalam beroperasi. Pada mainboard RAM di pasang di RAM socket.

3#. VGA Card

VGA atau yang memiliki kepanjangan “Video Graphics Adapter” yang berfungsi sebagai pengolah gambar, bagi gamers dan editor perangkat ini sangat lah menguras kantong, namun saat ini bagi pengguna komputer kantor video grafis sudah terintegrasi dalam motherboard sehingga dapat menghemat pengeluaran. VGA ini bersifat mobile, berkapasitas lebih besar dari CD atau pun DVD dan Blueray dan dapat di akses langsung tanpa CD ataun DVD.

4#. Northbridge dan Southbridge

Northbridge Ini merupakan perangkat utama untuk mengatur lalu lintas operasi sistem processor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard. Sedangkan southbridge merupakan komponen yang membantu northbridge yang menghubungkan northbridge ke komponen lainnya.

5#. BIOS

Basic Input-Outpout System adalah suatu program kecil yang di masukan ke IC-ROM atau flash yang gunannya untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard.

6#. Processor Power Supply Connector

Berguna untuk menghubungkan 4 PIN kabel power supply ke motherboard.

7#. Chipset

Merupakan sebuah cirkuit electronic dan berfungsi untuk mengkoordinasikan transfer data yang ada di dalam komputer.

8#. Port Floppy Disk

Memiliki kegunaan untuk media removable atau bisa juga dipakai sebagai media penyimpanan yang bisa di copot. Contohnya Disket atau Floppt Disk.

9#. Slot Primary I

yang berguna untuk menghubungkan harddisk yang berada di dalam komputer.

10#. Slot Secondary II 

ini juga mempunyai kegunaan untuk menghubungkan CD-ROM atau DVD ROM dengan motherboard.

-. Slot FDD, memiliki fungsi untuk menghubungkan floppy disk dengan motherboard.

-. Baterry C_mos, (complementary metal-oxide semiconductor) yang berfungsi sebagai syncornisasi signal system real time clock (RTC).

-. BIOS, yang memiliki kepanjangan “Basic Input/Outpout System” adalah suatu prosess interface sistem operasi komputer dengan motherboard.

Nah, itulah penjelasan tentang motherboard, jika masih ada yang kurang mohon maaf, mungkin itu saja yang dapat kami beritahukan tentang penjelasan motherboard sekian dan terimakasih.


Cukup Sekian Artikel Tentang Pengertian Mainboard Dan Kegunaannya dari saya.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk semua orang :) Terima Kasih
#Mr-Roz3R.net

March 31, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Pengertian Mainboard Dan Kegunaannya.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar