Cara dan Tips Merawat Komputer Yang Baik - Mr-Roz3R

Cara dan Tips Merawat Komputer - Tahukah anda pada jaman sekarang ini merawat komputer memang sangat penting sekali dalam menunjung kestabilan yang dimiliki oleh sistem operasi komputer tersebut, ada banyak sekali manfaat yang anda dapatkan jika bisa merawat komputer dengan baik, salah satunya adalah dapat menikmati kinerja yang maksimal pada komputer tersebut.
Sebagai pengguna sudah seharusnya kita untuk menjaga dan merawat komputer kita agar tidak menjadi lag atau hang apalagi sampai rusak.

Ada banyak sekali cara atau tips perawatan komputer yang bisa anda terapkan sekarang juga, namun dari banyaknya tips tersebut memang tidak begitu ampuh sebagai proses yang baik, sebab pada dasarnya ada beberapa cara yang cukup kurang maksimal, namun sekarang anda tidak perlu khawatir lagi sebab saya akan memberikan cara merawat komputer yang aman dan sering diterapkan oleh banyak orang, 

silakan langsung simak saja dibawah ini :


1. Tutup Program Yang Tidak Perlu

Ini adalah langkah awal yang sangat efektif namun sayangnya sering dilupakan banyak orang karena menurut mereka menutup program yang tidak diperlukan tidak akan berdampak baik pada komputer, namun tidak demikian karena jika anda membuka banyak program sekaligus tentunya akan berpengaruh terhadap performa komputer tersebut, terutama pada sistem operasinya yang akan berdampak buruk. Jadi alangkah baiknya anda harus menutup banyak program untuk menunjang kinerja yang dimiliki. 


Tahukah anda bahwa jika semakin banyak program yang dibuka maka akan membutuhkan banyak ram juga untuk memaksimalkannya, sehingga bisa jadi dapat membuat kinerja komputer anda terasa lelet. 


2. Ventilasi yang cukup

Apabila anda memiliki sebuah komputer dan ingin melakukan perawatan pada pc maka anda perlu memberikan space pada ventilasi udara, perlu anda ketahui juga bahwa ruang ventilasi yang baik disini akan berpengaruh terhadap kinerja komputer, jika ventilasi ruangan tersebut terlalu kecil pastinya akan sulit sekali mengeluarkan udara sehingga bisa mengakibatkan komputer terlalu panas. 
Untuk solusi hal tersebut usahakan apabila anda bermain komputer alangkah baiknya jarak antar benda terhadap ventilasi adalah 30cm atau lebih, jadi jangan sampai ruangan space terlalu kecil.


3. Memasang aplikasi antivirus dan update secara rutin


Aplikasi antivirus merupakan aplikasi yang juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keamanan pada suatu komputer.
Karena ketika kita sudah memasang aplikasi antivirus tentu kita akan bisa mengenal macam - macam virus yang terdapat pada komputer kita.
Tentu kita juga bisa mencegah virus - virus baru yang akan masuk ke dalam komputer kita, antivirus tersebut langsung memunculkan sebuah notifikasi/pemberitahuan dilayar komputer kita.
Untuk memaksimalkan kerja dari aplikasi antivirus tersebut, ada baiknya kita melakukan update atau pembaruan terhadap aplikasi antivirus tersebut.


4. Copot atau uninstall aplikasi yang tidak berguna


Untuk merawat komputer kita agar tetap baik tentu kita harus memberi ruang terhadap harddisk komputer kita. 
Untuk memberi ruang terhadap harddisk, kita bisa melakukannya dengan cara mencopot atau menguninstall aplikasi yang tidak berguna yang terdapat pada komputer kita. 
Selain untuk memperingan ruang pada harddisk, dengan mencopot atau menguninstall aplikasi yang tidak berguna juga kita akan mengurangi beban harddisk untuk proses menulis (read) dan membaca (write), yang tentunya akan memperingan kerja harddisk dan bisa menjadi lebih tahan lama dari kerusakan.


5. Menggunakan UPS atau Stabilizer


Cara merawat komputer juga harus disertakan dengan menggunakan UPS untuk berjaga - jaga atau mengantisipasi listrik mati atau padam secara tiba - tiba yang dapat mengakibatkan komputer kita menjadi rawan rusak pada komponen - komponen komputer, terutama pada bagian komponen harddisk (tempat penyimpanan). 
Selain menggunakan UPS untuk mengantisipasi listrik padam tiba - tiba, kita juga bisa menggunakan yang namanya stabilizer untuk mengantisipasi dan juga untuk menstabilkan naik - turunnya suatu tegangan arus listrik.


6. Defrag harddisk secara rutin


Cara merawat komputer dengan defrag harddisk, fungsi defrag sendiri adalah untuk mengurutkan atau menata suatu file - file yang terdapat pada harddisk berdasarkan dengan jenis file atau data untuk mempermudah proses harddisk untuk membaca (read) atau menulis (write) pada komputer kita, sehingga beban yang ada pada komputer kita akan menjadi lebih ringan dari yang sebelumnya dan juga bisa memperpanjang usia atau umur pemakaian harddisk itu sendiri.

Untuk menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara sebagai berikut:
Klik menu Start -> Program -> Accesories -> Sytem Tool -> Disk Defragmenter.

*Sedikit info, untuk mencoba Defrag harddisk dengan cara tersebut, kita harus menutup semua aplikasi yang sedang berjalan pada komputer kita dan kita juga harus menonaktifkan screensaver (jika screensaver kita aktif) karena dapat menggangu jalannya proses defrag itu sendiri.

7. Mengaktifkan screensaver


Dengan cara mengaktifkan fitur screensaver pada komputer kita, tentu kita akan memperkecil pencahayaan yang ada di layar monitor kita.
Screensaver juga mempunyai fungsi yang bersifat estetis. 
Monitor CTR menggunakan fosfor untuk menampilkan suatu gambar, jika monitor tersebut menampilkan suatu gambar yang sama beberapa saat, tentunya ada fosfor yang akan menyala terus. Itu dapat mengakibatkan monitor anda menjadi bermasalah, dengan contohnya adalah gambar menjadi redup atau kurang jelas.

Beda lagi jika kita menggunakan monitor LCD atau LED yang sudah ada energy saving nya, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.

Untuk mengaktifkan screensaver, maka ikuti cara sebagai berikut:
Klik Start -> Control Panel -> Display -> Klik Screensave, kemudian pilih sesuai selera kita.
*Windows 10 : Control Panel -> Appearance and Personalization -> pilih Change screen saver.





8. Membersihkan Recycle Bin secara rutin

Recycle Bin adalah tempat sampah dimana jika kita telah menghapus suatu file atau aplikasi, maka akan tersimpan terlebih dahulu di Recycle Bin (tidak langsung terhapus sepenuhnya).
Hal itu bertujuan agar ketika kita salah hapus file/aplikasi atau bahkan suatu saat kita masih membutuhkan file/aplikasi tersebut maka kita dapat mengembalikannya lagi ke tempat semula.
Apabila file - file atau aplikasi yang ada di Recycle Bin tidak dibutuhkan lagi, maka kita bisa menghapusnya secara permanen untuk mengurangi tempat/ruang penyimpanan pada harddisk.
*Untuk membersihkannya, maka ikuti cara sebagai berikut:
Kita masuk ke File Explorer/Windows Explorer -> Klik Recycle Bin -> Klik kanan pada Recycle Bin (jika kita akan menghapus semua file) -> Empty Recycle Bin.

*Kita juga bisa menggunakan fungsi Disk Cleanup : 

Klik Start -> Program -> Accessories -> System Tool -> Disk Cleanup -> pilih drive yang ingin dibersihkan -> centang Recycle Bin dan yang lainnya (seperti temporary file, internet file) -> ok.


9. Memasang kabel ground


Pernahkan anda kesetrum saat menyentuh casing pada komputer? ya pasti pernah, 
hal tersebut disebabkan oleh arus listrik yang berjalan secara nyasar. 
Cara untuk mengantisipasi casing yang nyetrum tersebut adalah dengan memasang kabel ground.
Caranya ambil kabel dengan panjang secukupnya, pada ujung kabel yang yang pertama dihubungkan ke bada CPU atau casing komputer, sedangkan ujung yang kedua ditanam di dalam tanah.

Cara tersebut dapat menghilangkan arus listrik yang nyasar dari komputer kita dan tidak menyetrum lagi dan juga dapat membuat komponen pada komputer kita menjadi tahan lebih lama (awet).

10. Jauhkan speaker aktif dari monitor

Pada umumnya speaker ditempatkan atau diletakkan pada sisi kiri atau kanan monitor agar terlihat rapi.
Namun pada kenyataannya tanpa kita sadari medan magnet yang terdapat pada speaker akan bisa mempengaruhi monitor, seperti warna menjadi tidak rata. 
Jadi letakkanlah speaker aktif dengan jarak sekitar 30cm dari monitor agar medan magnet yang terdapat pada speaker tersebut tidak berefek buruk pada pewarnaan monitor.


11. Membersihkan motherboard dari debu

Motherboard atau papan utama adalah papan dimana diatasnya terdapat chip bios, jalur - jalur serta konektor sebagai penghubung akses dari masing - masing perangkat.
Ini adalah cara terakhir untuk merawat komputer dengan baik, agar komputer kita bisa terawat dengan baik, setidaknya setiap 6 bulan sekali kita membuka casing untuk membershikan motherboard dari kotoran - kotoran atau debu dengan alat - alat yang dibutuhkan seperti kuas dan sebagainya.

Selain membersihkan motherboard, sekalian saja kita membersihkan komponen - komponen lainnya seperti RAM, video card, sound card, CD-RW/DVD-RW, HeatSink, mengganti Pasta Termal dan lain - lain.

Pada saat perangkat komputer kita tidak sedang digunakan lagi, maka tutuplah komponen lain seperti monitor, CPU, keyboard, mouse dll menggunakan kain penutup/cover agar debu - debu disekeliling tidak mudah masuk ke dalam komputer kita.

Cukup Sekian Artikel Tentang Cara dan Tips Merawat Komputer Yang Baik dari saya.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk semua orang :) Terima Kasih
#Mr-Roz3R.net

April 27, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara dan Tips Merawat Komputer Yang Baik - Mr-Roz3R.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar