Apa Beda Website Dengan Blog? - Mr-Roz3R

Apa Beda Website Dengan Blog?

Membedakan kedua  jenis situs yang bernama Website dan Blog nampaknya masih cukup sulit untuk dilakukan. Sebab saat ini banyak sekali perubahan yang terjadi antara situs Blog dan situs Website. Bahkan ada situs Blog yang saat ini mampu menyerupai hampir keseluruhan karakter dari Website. Nah sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai perbedaan Website dan Blog, ada sedikit informasi yang saya rasa perlu anda ketahui, yaitu:
Bahwa situs Blog itu sendiri pada dasarnya merupakan sebuah Website, namun sebuah Website tidak bisa menjadi sebuah Blog. Jadi maksudnya adalah, kita bisa mengibaratkan bahwa Website merupakan sebuah rumah, sedangkan Blog adalah ruangan dari setiap rumah tersebut. Jadi pasti sebuah Blog tentunya bisa dikatakan sebagai sebuah Website, namun sebuah Website tentunya tidak bisa disebut atau berubah menjadi sebuah Blog. Mengapa Blog diibaratkan sebagai sebuah ruangan dari sebuah rumah? Karena pada dasarnya Blog ialah bagian, atau merupakan salah satu jenis dari Website. Website sendiri punya banyak jenis, diantara:
  1. Personal Website
  2. Website Companny Profile
  3. Website Toko Online
  4. Web Portal
  5. Search Engine
  6. Forum
  7. Sosial Media
  8. Katalog
  9. Dan yang terakhir adalah Blog.
Kesemua jenis Website diatas memiliki ciri dan karakteristiknya masing-masing, namun bagi anda yang masih merasa bingung dan ingin tahu perbedaan lebih jauh antara Website dan Blog, silahkan simak ulasan berikut:

1. Perbedaan Website & Blog Menurut Wikipedia


Jika kita ingin membandingkan perbedaan antara Website dan Blog, maka tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari keduanya. Nah salah satu sumber informasi terpercaya di internet adalah Wikipedia, jadi anda bisa mencari pengertian dasar dari Website dan juga Blog. Berikut adalah deskripsi atau pengertian dari Website dan Blog menurut Wikipedia: Pengertian Website Website (Situs Web) atau yang juga bisa disebut sebagai web atau situs saja, sejatinya merupakan kumpulan dari sejumlah halaman web. Dimana halaman web tersebut ditempatkan dalam ruang lingkup khusus yang bernama domain, kemudian setiap data-data atau file yang ada pada halaman web akan tersimpan di hosting (penyimpanan file web). Kemudian setiap informasi yang ada pada setiap halaman web tersebut dapat diakses melalui jaringan internet atau jaringan lokal. Jadi inti sari dari pengertian Website ialah sekumpulan halaman web yang dapat diakses melalui jaringan internet. Pengertian Blog Blog merupakan singkatan dari kata web log, yaitu kumpulan berbagai jenis informasi yang dipublikasikan melalui WWW (World Wide Web), yang mana WWW ini merupakan sistem khusus yang dibuat untuk menghubungkan suatu text ke text lainnya yang saling berkaitan. Inti dari pengertian Blog sendiri ialah sekumpulan informasi yang saling berkaitan satu sama lain, dimana informasi tersebut bisa diakses melalui kanal internet.

2. Perbedaan Website & Blog Ditinjau Dari Penggunanya


Perbedaan antara Website dan Blog juga bisa dilihat berdasarkan pengguna atau lebih tepatnya siapa yang menjadi administratornya (pemilik). Secara umum, Website merupakan situs web yang dibangun oleh lebih dari satu orang, bisa kelompok, team, atau bahkan agensi perusahaan tertentu. Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa Website sendiri bersifat multi author atau memiliki lebih dari satu pengguna/pemilik. Sedangkan untuk Blog sendiri pada umumnya hanya dimiliki oleh satu orang individual saja. Tapi sayang, hal ini tidak sepenuhnya benar. Karena pada saat ini banyak dari situs blog yang juga menerapkan sistem multi author. Jadi akan sangat sulit jika anda membedakan Website dan Blog hanya melihat dari sudut pandang ini.

3. Perbedaan Website & Blog Dilihat Dari Tujuannya


Apabila kita meninjau lebih jauh mengenai Website dan Blog, maka anda mungkin akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan jika dilihat dari tujuannya. Apa tujuan yang membedakan antara Website dan Blog? Tujuan dari adanya Website adalah sebagai media komersial baik untuk kepentingan bisnis, perusahaan, profil instansi ataupun kegiatan jual beli layaknya toko online. Dengan demikian maka, Website sendiri lebih condong digunakan untuk kepentingan bisnis ataupun kepentingan suatu kelompok/instansi tertentu. Sedangkan tujuan dari adanya Blog sendiri adalah sebagai media berbagi informasi, baik informasi berupa pengalaman pribadi sang penulis maupun informasi-informasi formal.

4. Perbedaan Website & Blog Ditinjau Dari Tampilannya


Disamping ke-3 perbedaan Website dan Blog diatas, anda juga bisa membedakan kedua jenis media online ini dengan melihat dan membandingkan tampilan atau desain template dari keduanya. Pada tampilan Website, seringkali memiliki desain yang lebih interaktif, menarik, dan lebih menonjolkan suatu informasi khusus (profil instansi, visi/misi, prestasi maupun tujuan). Nah jika anda mau memperhatikan tampilan template yang digunakan antara satu Website dengan Website lainnya sangat jarang memiliki kesamaan. Namun hal ini akan berbeda jika anda memperhatikan tampilan suatu Blog. Dimana pada umumnya tampilan Blog lebih menonjolkan informasi-informasi secara formal. Atau bisa dikatakan bahwa tampilan Blog lebih didominasi oleh konten-kontennya. Selain itu pula, anda juga mungkin sering melihat persamaan desain tampilan antara satu Blog dengan Blog lainnya. Hal ini dikarenakan mudahnya mencari template-template gratisan di internet, jadi dari pada membuang uang untuk membeli template, lebih baik mendownloadnya secara gratis.

5. Perbedaan Website & Blog Dilihat Dari Konten


Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa kebanyakan isi konten dari suatu Website adalah mengenai profil instansi/perusahaan tertentu, seperti tujuan, visi/misi, prestasi, dan sebagainya. Sedangkan pada umumnya Blog sendiri lebih didominasi oleh konten-konten personal/pribadi layaknya buku catatan (pengalaman pribadi, informasi personal, dll).

6. Perbedaan Website & Blog Dilihat Gaya Bahasanya


Karena pada dasarnya suatu Website dibangun oleh lebih dari satu individual dan digunakan untuk kepentingan kelompok atau lembaga resmi, maka bahasa yang digunakan juga harus terlihat resmi dalam artian gaya bahasa formal dan beretika. Sebaliknya, gaya bahasa yang sering diusung pada kebanyakan situs Blog adalah bahasa sehari-hari yang tidak bersifat formal atau kaku. Sebuah Blog tidak mesti dan tidak diharuskan menggunakan gaya bahasa formal. Jadi apabila anda adalah seorang pemilik suatu Blog, maka anda bebas menentukan penggunaan bahasa pada setiap konten Blog. Anda bisa mengganti kata-kata formal kedalam bahasa sehari-hari agar para pembaca tidak merasa kaku atau tegang ketika membaca konten-konten anda.

7. Perbedaan Website & Blog Dilihat Dari Domain+Hosting


Apa itu Domain? dan apa itu Hosting? Secara singkat, Domain bisa dikatakan sebagai nama dari suatu situs, sedangkan Hosting sendiri merupakan lokasi penyimpanan khusus yang digunakan untuk menyimpan data-data dari suatu situs. Nah untuk bisa membedakan antara Website dan Blog, anda bisa menganalisa kedua situs tersebut. Dimana suatu situs dikatakan sebagai suatu Website, karena situs tersebut memiliki dua komponen, yaitu Domain dan Hosting. Untuk  domain dari suatu Website sendiri biasanya mengikuti nama dari instansi/organisasi tertentu. Misal nama instansinya adalah cv.mandiri, maka nama Domainnya bisa menjadi, www.cv.mandiri.com atau www.mandiri.com. Sedangkan untuk hostingnya sendiri biasanya mereka akan berlangganan kepada suatu provider atau penyedia layanan Hosting tertentu dengan biaya tertentu pula. Semakin besar kapasitas Hosting, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Nah untuk Blog sendiri pada umumnya hampir sama dengan Website, dimana ia memiliki 2 komponen yang sama yaitu, Domain dan Hosting. Namun untuk kebanyakan jenis Blog biasanya tidak menggunakan nama Domain yang mengikuti nama instansi/kelompok tertentu, melainkan menggunakan nama pribadi atau nama-nama yang relevan dengan isi konten yang disajikan. Misal sang pemilik Blog memiliki nama "Yayan Ruhiyan", maka bisa saja ia mengaplikasikan namanya tersebut ke Domain Blognya, sehingga menjadi www.yayanruhiyan.com atau www.yayanruh.com. Atau mungkin saja hampir semua konten yang dibahas pada Blog mengacu pada teknologi komputer, maka Domain yang digunakan juga bisa menjadi www.infokomputer.com atau www.tekkom.com. Sedangkan untuk Hosting sendiri, kebanyakan dari para Blogger memilih menggunakan Hosting gratis yang sudah disediakan oleh platform tertentu, seperti Blogger.com.

8. Perbedaan Website & Blog Dilihat Dari Jenisnya


Nah karena Blog merupakan bagian dari sebuah Website sendiri, maka kita bisa menjeniskan dua buah Webisite, yaitu static Website dan Dinamis Website. Static Website merupakan jenis situs web yang jarang berubah, baik tampiilan maupun isi kontennya. Static Website juga bisa dikatakan sebagai situs yang jarang sekali di update. Static Website ini biasanya lebih condong merujuk pada kebanyakan Website. Karena pada umumnya Website sendiri hanya menampilkan profil atau data-data formal dari instansi atau perusahaan. Dimana kita bisa memastikan bahwa perubahan profil dari suatu instansi pastinya tidaklah terlalu signifikan. Jadi kecil kemungkinan informasi Website akan berubah. Namun walaupun begitu, ada pula beberapa jenis Website yang aktif membagikan informasi-informasi atau berita seputar kegiatan instansi atau organisasinya. Sedangkan untuk Website Dinamis ialah sebuah situs yang memiliki tingkat aktivitas yang cukup tinggi, serta memiliki informasi terbaru setiap minggunya. Bahkan ada pula beberapa jenis Blog yang sudah memiliki jadwal updatenya sendiri, misal 2 hari sekali atau bahkan 1 hari 1 kali. Situs Website Dinamis ini sendiri mengacu pada situs Blog, dimana kebanyakan dari situs Blog sendiri memiliki banyak postingan baru yang selalu update setiap harinya.

Kesimpulan


Dengan melihat 8 perbedaan Website dan Blog diatas, maka sekarang anda sudah bisa membedakan mana situs yang bernama Website dan nama situs yang bernama Blog. Perlu di ingat bahkan apabila anda ingin membandingkan kedua jenis situs ini, anda tidak bisa membandingkannya hanya dengan satu cara saja, anda harus membandingkan keduanya dengan melihatnya melalui:
  • Pengertian dari kedua situs tersebut
  • Pengguna atau sang pemilik dari Blog
  • Tujuan penggunaan kedua situs
  • Tampilan atau desain template yang digunakan
  • Konten yang dibahas
  • Penggunaan gaya bahasa
  • Domain+Hosting yang digunakan
  • Dan dari jenisnya, apakah termasuk jenis Website static atau Website dinamis.

December 21, 2018 - 3 komentar

3 komentar untuk Apa Beda Website Dengan Blog? - Mr-Roz3R.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar