Apa Yang Dimaksud Dengan Website? - Mr-Roz3R

Apa Yang Dimaksud Website

Dizaman milenial seperti saat ini, kebergunaan dan manfaat dari adanya perkembangan dunia digital tidak boleh disia-siakan begitu saja.

Akan sangat merugikan jika anda tidak mau membuka wawasan dan diri anda untuk berkenalan dengan Dunia digital yang ada saat ini.

Apalagi jika anda adalah seorang pengusaha yang ingin mendapat keuntungan melimpah dari bisnis. Maka satu langkah efektif yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan media digital layaknya Website.

Website sendiri merupakan salah satu media digital paling populer di era milenial seperti saat ini, namun sayang banyak orang yang seperti sengaja melalaikan Website ini.

Nah kebetulan sekali pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan pemahaman kepada anda yang ingin mengenal lebih jauh apa sih Website itu?

Mari kita simak pembahasan mengenai pengetian, manfaat, jenis-jenis, serta langkah mudah membuat Website:

Pengertian Website


Agar kita bisa memahami maksud dari kata Website, tentunya kita harus terlebih dahulu tahu pengertian dari pada Website itu sendiri.

Nah pada umumnya pengertian Website itu ialah sekumpulan data atau informasi yang termuat dalam sebuah halaman web, dimana setiap halaman web saling berkaitan satu sama lain.

Dan semua halaman web yang berkaitan tersebut dapat anda akses melalui halaman utama yang sering disebut sebagai halaman depan atau home page.

Disamping itu, Website juga bisa diartikan sebagai sebuah halaman yang menampilkan informasi atau sekumpulan topik tertentu.

Walaupun pada kenyataannya Website ini memiliki banyak makna tersendiri, namun pada intinya Website sendiri merupakan sekumpulan hamalan yang memuat berbagai informasi/topik yang tersusun atas berbagai unsur, seperti teks, gambar, animasi bergerak (gif), video dan unsur pendukung lainnya.

Jenis Website


Adapun jenis-jenis Website yang ada saat ini sudah sangat beragam, namun ada beberapa jenis Website yang paling mendominasi saat ini, yaitu:

1. Personal Website


Personal Website atau Website pribadi merupakan jenis halaman web yang kebanyakan berisikan sebuah informasi yang bersifat pribadi. Dimana informasi yang didalamnya memuat sebagian besar data-data terperinci mengenai sesorang. Bisa berisikan data diri, biografi, riwayat hidup, aktifitas keseharian dan sebagainya. Karena Website ini bersifat personal/pribadi, maka tidak semua orang bisa mengakses atau mendapat informasi secara terbuka. Nah mungkin tanpa anda sadari anda juga sudah pernah melihat Personal Website yang ada di internet. Dimana salah satu ciri dari personal Website itu sendiri bisa dilihat melalui nama domain atau url yang digunakan.
Contohnya : https://firman.web.id

2. Toko Online

Jenis Website lainnya yang paling banyak digunakan saat ini adalah Website Toko Online. Dimana jenis Website satu ini lebih memprioritaskan pemasaran suatu produk kepada khalayak umum. Tujuan dari Website Toko Online ini tidak lain dan tidak bukan yaitu melakukan proses transaksi jual beli secara online. Website satu ini juga bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu Personal Toko Online dan Global Toko Online. Dimana Personal Toko Online pada umumnya hanya dimiliki atau dikelola oleh satu orang atau satu team terbatas saja. Sedangkan Global Toko Online sendiri merupakan kebalikan dari Personal Toko Online. Dimana pemilik dan pengelola Website tersebut bisa dibagi menjadi banyak tingkatan, dari mulai pencetus (Founder), pengelola (CEO, CTO), pemilik modal, dan sebagainya.

3. Blog

Untuk jenis Website ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, sebab jenis Website ini bisa dikatakan yang paling banyak diminati saat ini. Jenis Website berbasis blog ini biasanya lebih cenderung berisi berbagai informasi, ide, ataupun pengalaman sang penulis. Adapun kategori dari blog sendiri sangatah banyak, topik pembahasan yang diusung satu blog dengan blog lainnya juga berbeda-beda. Ada yang mengusung topik informasi umum, tutorial, pengalaman pribadi, dan pendidikan.

4. Company Profile

Berbeda lagi dengan jenis Website yang bernama Company Profile, dimana hampir keseluruhan informasi yang ada didalamnya berisikan data-data atau info dari suatu perusahaan. Jadi apabila anda memiliki suatu perusahaan, maka akan lebih baik lagi jika anda memperkenalkan perusahaan anda tersebut melalui media digital seperti Website. Anda bisa memasukan informasi-informasi umum yang ada pada perusahaan anda tersebut, jadi nantinya para client bisa lebih percaya untuk bekerjasama dengan perusahaan anda. Selain dari 4 jenis Website diatas, juga terdapat jenis-jenis Website lainnya, diantaranya:

  • Web Portal
  • Search Engine
  • Forum
  • Sosial Media
  • Katalog

Manfaat Website


A. Media Informasi


Karena pada dasarnya sebuah Website memuat berbagai jenis informasi/data, maka hal itu pula yang menjadikan Website sebagai salah satu media informasi terbaik di dunia maya.
Orang-orang akan mencari berbagai informasi berdasarkan masalah yang sedang mereka hadapi, dan jika suatu Website memiliki informasi yang sesuai dan dianggap telah memabantu menyelesaikan masalah seseorang, maka tentunya salah satu manfaat dari Website adalah mendapatkan informasi.


B. Arsip


Jika kita mengutip salah satu tujuan dari adanya suatu Website, yaitu seperti pada penyataan berikut:

"Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi."

Maka tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa data-data yang dimiliki seseorang bisa disimpan atau di arsipkan dalam bentuk Website.
Agar nantinya dimasa yang akan datang, kita bisa membuka kembali data-data atau informasi yang ada.


C. Media Iklan


Jika anda adalah seorang pengusaha atau pebisnis, maka memiliki Website akan mampu mendatangkan banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai media beriklan.
Karena pada dasarnya Website menampilkan beragam informasi, maka bukan tidak mungkin akan ada ratusan ataupun ribuan orang yang setiap harinya membutuhkan informasi tersebut.
Nah untuk mensiasati kemajuan bisnis anda, maka anda bisa mengiklankan produk atau jasa yang anda miliki pada halaman Website.
Dengan begitu, setiap orang yang datang mencari informasi akan melihat iklan yang berisikan produk-produk anda.

Langkah Membuat Website


A. Memilih Platform


Dalam pembuatan sebuah Website kita membutuhkan sebuah layanan khusus yang bernama platform.
Platform inilah yang berperan penting dalam pembuatan Website, mulai dari membuat kerangka Website, mengisi postingan, maupun memodifikasinya.
Tapi disisi lain, anda juga bisa membuat Website tanpa perlu menggunakan Platform. Dalam artian yaitu anda membuat Website sendiri dari nol.
Namun sayang cara tersebut tidak saya rekomendasikan untuk anda yang masih pemula, sebab untuk membuat Website dari nol maka anda diharuskan mengerti dan mampu mengaplikasi berbagai jenis bahasa pemrograman.

Beberapa jenis bahasa pemrograman yang harus anda kuasai dalam pembuatan Website diantaranya:

  1. HTML
  2. CSS
  3. Javascript
  4. Java
  5. Python
  6. Php
  7. C#
  8. C
  9. Objective-C
  10. Swift
  11. Matlab
  12. Ruby
  13. Jquery

Nah dari pada anda pusing-pusing mempelajari semua bahasa pemrograman diatas, yang belum bisa menjamin anda akan berhasil membuat sebuah Website.
Maka alternatifnya adalah dengan menggunakan Platform pembuat Website yang sudah ada di internet.
Beberapa Platform atau yang biasa disebut CMS yang bisa anda gunakan dalam pembuatan Website yaitu:

  • Wordpress
  • Drupal
  • Joomla
  • Magento
  • Blogger
  • Shopify
  • TYPO3
  • Bitrix
  • Prestashop

Dari sekian banyak platform yang ada, saya lebih merekomendasikan anda untuk menggunakan layanan yang bernama Wordpress.
Selain mudah digunakan, para pemula juga bisa membuat Website secara gratis melalui Platform ini, ya walaupun fitur yang tersedia terbatas.

B. Memilih Domain & Hosting


Langkah kedua dalam pembuatan sebuah Website adalah menentukan nama Domain dan Hosting yang sesuai.
Nah untuk anda yang belum paham mengenai pengertian dari Domain dan Hosting, berikut adalah uraian singkatnya:

Domain adalah nama dari sebuah Website, misal : www.namawebsite.com. dari contoh tersebut, yang merupakan nama Domain adalah "namawebsite" dan juga ".com".
Untuk "namawebsite" bisa anda sesuaikan dengan keinginanan anda. Contohnya jika anda ingin membuat website Company Profile, maka anda bisa membuat nama Website yang sesuai dengan nama perusahaan anda.

Misal nama perusahaannya adalah "INDOMARKET", maka anda bisa mengaplikasi nama tersebut sebagai nama Website anda, sehingga menjadi www.indomarket.com

Nah selain itu anda juga harus menentukan extensi dari Domain yang anda miliki, anda bisa memiliki membelinya diberbagai situs penyedia Domain, seperti www.niagahoster.co.id
Anda bisa membeli extensi Domain yang sesuai dengan nama Domain anda, atau sesuai selera anda. Extensi Domain sendiri ada banyak macamnya, seperti:

  • .COM
  • .NET
  • .INFO
  • .ME
  • .TECH
  • .XYZ
  • .ONLINE
  • .CLUB
  • .STORE
  • .SITE
  • .SPACE
  • .WEBSITE
  • .CO.ID
  • .OR.ID
  • .TOP
  • .WIN
  • .ORG
  • .ID
  • .WEB.ID

Dan masih banyak lagi. Sedangkan pengertian dari Hosting sendiri ialah sebuah tempat khusus yang digunakan untuk menyimpan file atau data-data dari Website anda, yang nantinya bisa diakses oleh banyak orang.
Untuk membeli sebuah Hosting, anda bisa membelinya juga pada situs penyedia Hosting yang ada di  www.niagahoster.co.id

C. Instalasi Dan Modifikasi Website


Jika anda sudah berhasil menentukan Platform, nama Domain serta Hosting yang akan anda gunakan. Maka langkah terakhir adalah melakukan installasi Website.
Jadi pada tahap ini anda hanya perlu menggabungkan atau menghubungkan beberapa komponen Website yang sudah anda miliki, yaitu menggabungkan Website dengan Domain serta Hosting.
Setelah itu Website anda siap digunakan, namun agar anda dan para pembaca bisa lebih menikmati fasilitas dan kenyamana dari Website anda, maka anda bisa melakukan modifikasi sederhana pada Website.

Kesimpulan


Dengan membaca serta memahami apa-apa saja yang telah saya paparkan pada ulasan diatas, tentunya anda akan jauh lebih mengenal mengenai salah satu media digital yang bernama Website.
Dari paparan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa memiliki suatu Website baik untuk pribadi, perusahaan, ataupun bisnis tentunya memiliki pengaruh yang sangat signifikan.

December 15, 2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Apa Yang Dimaksud Dengan Website? - Mr-Roz3R.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Saya punya blog yang isinya mirip dengan personal website... #eh

Balas Hapus
.
This comment has been removed by a blog administrator.